Pekerjaan Untuk Ahli di Bidang Matematika

Pekerjaan Untuk Ahli Matematika


HALO GUYS. Jurusan Matematika dikenal sebagai momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang :v Sedikit orang yang mengetahui bahwa jurusan Matematika merupakan disiplin ilmu yang menyenangkan dan cakupannya sangat luas.

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan terapan. Selain itu, ilmu ini sering dipakai untuk membantu mempermudah penyelesaian permasalahan yang ada di dalam berbagai bidang kehidupan. Maka, hal tersebut menyebabkan ilmu matematika memiliki prospek kerja yang luas.

Berbicara tentang eksistensi jurusan matematika dalam kehidupan. Dalam dunia pendidikan, jurusan Matematika juga telah mendunia. Di perguruan tinggi contohnya, setiap orang diberikan keleluasaan untuk memperdalam disiplin ilmu matematika dengan mengambil jurusan Matematika.

Tetapi, kebanyakan orang menganggap bahwa jurusan matematika memiliki prospek kerja yang sempit karena hanya memainkan variabel dan hitung menghitung. Mereka menganggap prospek kerja jurusan Matematika hanyalah sebagai seorang pengajar.

Ada beberapa pekerjaan yang melibatkan matematika sebagai dasar pekerjaan ini. dan gajinya sangat menggiurkan loh:

PROGAMER/AHLI KOMPUTER


Kebanyakan orang mengira bahwa untuk menjadi seorang programmer harus berasal dari jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika lebih kepada pengembangan komputer, sementara matematika komputasi digunakan untuk mencari penyelesaian optimasi suatu masalah dengan membuat pemodelan masalah tersebut, lalu disimulasikan dengan bantuan komputer.

Karena itu, anggapan bahwa ahli komputer atau programmer hanya berasal dari lulusan Teknik Informatika dirasa kurang tepat. Karena seorang ahli komputer atau programmer, dituntut untuk menguasai aljabar dan logika matematika.

Sebab dasar dari pemrograman adalah logika dan aljabar, dan keduanya dapat Anda kuasai dengan baik di dalam jurusan matematika.

ARSITEKTUR


Siapa yang tidak tahu apa itu arsitektur? Semua orang tahu bahwa profesi ini adalah perancang sebuah bangunan. Untuk menjadi arsitektur, seseorang harus mahir dalam mendesain dan menggambar.

Sebuah desain bangunan seperti gedung, rumah, atau jembatan dibentuk dari ilmu geometri yang kuat. Dan ilmu geometri terdapat di dalam ilmu matematika. Selain ilmu geometri, seorang arsitektur harus menguasi dengan baik permasalahan trigonometri dalam perancangan sebuah bangunan.

Proyek pembangunan suatu bangunan yang baru membutuhkan seorang arsitektur yang hAndal dalam desain dan juga matematika. Selain geometri, tentunya keuangan diperlukan dalam seorang arsitektur untuk menghitung dan menganalisa keuangan yang diperlukan dalam pembangunan proyek yang dia lakukan. Penghasilan arsitektur ini diantara 2 juta hingga 15 juta.

AKTUARIS


Profesi ini merupakan profesi yang paling diminati oleh lulusan matematika. Sebab, aktuaris merupakan pekerjaan yang menjanjikan dari segi penghasilan, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memasuki jurusan matematika.

Namun, untuk menjadi seorang aktuaris, Anda harus menguasai analisa statistik dengan baik dan memahami permasalahan yang berhubungan dengan asuransi. Hasilnya, Anda harus terbiasa dengan banyak data dan dituntut untuk bisa berpikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi.

Saat ini, Aktuaris sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Walaupun demikian, untuk bekerja sebagai seorang aktuaris tidaklah mudah, karena kendala salah satu untuk menjadi seorang aktuaris adalah harus fasih dalam berbahasa inggris, menguasi materi matematika, statistika, dan keuangan yang kuat serta dapat menjelaskan secara pasti dari hasil analisa. Alhasil, tidaklah heran jika gaji seorang aktuaris sangat menggiurkan, yaitu sekitar 50-100 juta perbulan.

TENAGA PENGAJAR


Pekerjaan ini mungkin merupakan salah satu prospek kerja jurusan matematika yang lumrah diketahui orang. Bahkan, kebanyakan orang mengira bahwa jurusan matematika hanya dapat menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu guru atau dosen.

AKHIR KATA:

bagaimana tertarik gak tentang pelajaran MTK ini saya jujur kalau tentang MTK saya masih noob,sebenarnya Para ilmuwan menjuluki Matematika sebagai Ratu atau Ibu dari Ilmu Pengetahuan. Sebagaimana seorang ratu yang menguasai kerajaan, dan seorang Ibu yang melahirkan dan turut andil dalam perkembangan anak-anaknya.

Matematika pun menguasai seluruh celah kehidupan dan turut serta dalam cabang keilmuan lain. Sebab, hampir seluruh aspek kehidupan yang kita jalani saat ini menggunakan rumusan atau konsep matematika.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment